Rumusan agenda aksi peningkatan kualitas kader ini disusun
berdasarkan proses atau siklus pembinaan yang biasa terjadi.
Selektif dalam Rekrutmen kepada Tarbiyah Khashshah
Mengefektifkan tarbiyah ‘ammah (ta’lim atau pra-tamhidi)
sebagai pengkondisian menuju tarbiyah tamhidiyah.Menseleksi rekrutmen peserta tarbiyah ‘ammah ke dalam
tarbiyah khashshah (tamhidiyah), mengacu kepada syarat-syarat peserta
tarbiyah marhalah tamhidi (lihat buku manhaj).
Efektif dalam Perenanaan Tarbiyah dan Manajemen
Pengelolaan Tarbiyah
Menyusun khuththah tarbawiyah untuk masa setahun, mengacu
kepada sasaran per-marhalah.Memadukan secara seimbang antara aspek tarbiyah nadzariyah
dan tarbiyah maydaniyah, antara aspek tarbiyah ruhiyah, fikriyah dan
jasadiyah.Melakukan evaluasi dan taqwim tarbawi secara berkala untuk
menguji tingkat pencapaian muwashafat dan menemukan input bagi peningkatan
kualitas kader.Mengarahkan aktifitas tarbiyah dzatiyah secara terprogram
mengacu kepada aspek-aspek pencapaian muwashafat yang bisa dilakukan secara
mandiri.
Dinamis dalam Pengembangan Kualitas Tarbiyah
Melakukan kerjasama (antar halaqah/usrah atau dengan elemen
struktur) dalam upaya pengembangan kualitas tarbiyah. Misalnya pengelolaan
tatsqif bersama, mukhayyam tarbawi, dll.Pengarahan untuk mengikuti berbagai nasyat da’awi dan
nasyat tarbawi yang tersedia dan mengikuti perkembangan da’wah di berbagai
media massa.Pengarahan untuk berpartisipasi aktif dalam aktifitas da’wah
kelembagaan (misalnya partai, sekolah, kampus, kantor, dll.) serta memutaba’ahi
perkembangannya.Menggemarkan diskusi, resensi dan penulisan laporan da’wah
untuk membangun iklim intelektual dan penguasaan medan da’wah yang baik.
Cermat dalam Pengadministrasian Proses Tarbiyah
Membiasakan untuk memiliki data kader dan perkembangan
perjalanan tarbiyahnya.Membiasakan untuk mencatat administrasi pengelolaan tarbiyah
(usrah/halaqah) secara rutin, dilakukan rekap, analisis dan rekomendasi
perbaikan atau peningkatannya.Memprogram up-dating data base peserta/kader tarbiyah secara
periodik, dan mengevaluasi grafik perkembangannya.
Progresif dalam Penyiapan SDM Murabbi, Naqib dan
Muwajjih
Melakukan proyeksi kebutuhan murabbi, naqib dan muwajjih
untuk pengembangan aktifitas tarbiyah dalam tahun ini.Menyelenggarakan daurah intensif untuk menyiapkan SDM
murabbi baru dan daurah reguler untuk peningkatan kualitas SDM murabbi yang
ada.Menyelenggarakan daurah intensif untuk menyiapkan SDM naqib
baru dan daurah reguler untuk peningkatan kualitas SDM naqib yang ada.Menyelenggarakan daurah intensif untuk menyiapkan SDM
muwajjih baru dan daurah reguler untuk peningkatan kualitas SDM muwajjih
yang ada.Mengarahkan penyiapan dan peningkatan kualitas SDM murabbi,
naqib dan muwajjih pada aspek syakhsiyah murabbiyah, tsaqafah murabbiyah dan
kafa’ah mihaniyah. Begitu juga untuk naqib dan muwajjih.Menyelenggarakan forum silaturahim bagi murabbi, naqib dan
muwajjih untuk saling bertukar pengalaman, bertukar pikiran dan mendapatkan
pengayaan.Memutaba’ah perjalanan fungsi murabbi, naqib dan muwajjih
serta memberikan arahan bagi peningkatan kualitas pengelolaan.Menerbitkan media-media khusus bagi peningkatan tsaqafah
murabbi, naqib dan muwajjih.
Intensif dalam Pengokohan Pemahaman dan Penguasaan
Manhaj Tarbiyah
Melakukan sosialisasi dan pembahasan rutin tentang manhaj
tarbiyah di usrah/halaqah.Mengembangkan diskusi dan kajian tentang operasionalisasi
manhaj tarbiyah di kalangan murabbi, naqib dan muwajjih.Menyiapkan media konsultasi tarbiyah dalam aspek
problematika penerapan manhaj tarbiyah.Melakukan komunikasi dan konsultasi dengan elemen struktur
yang berwenang, berkaitan dengan problem-problem atau ijtihad yang berkenaan
dengan penerapan manhaj tarbiyah.
Efektif dalam Pengarahan Qiyadah tentang Pengokohan
Aktifitas Tarbiyah
Penyaluran informasi dan arahan dari qiyadah (berbagai
tingkat) berkenaan dengan pencapaian-2 perkembangan aktifitas tarbiyah di
daerahnya secara periodik, dan arahan-arahan ke depan yang diperlukan.Melakukan observasi dan supervisi ke usarah/halaqah dan
forum-forum tarbiyah lainnya, untuk memberikan dorongan, masukan dan arahan.Pengokohan kepemimpinan spiritual di jajaran mas’ulin
dalam menjalankan fungsi-fungsi kepemimpinannya.
Produktif dalam Memfasilitasi Sarana-saran tarbiyah
Inisiatif penyusunan mawad tarbiyah di usrah, halaqah dan
tatsqif melalu majelis nuqaba dan multaqa muwajjihin.Menginventarisasi kitab-kitab rujukan standard yang bisa
dipakai usrah/halaqah dalam pembahasan dan pengayaan materi.Menyemarakkan forum kajian ringkas kitab (semacam bedah buku)
untuk para muwajjih, naqib, murabbi sampai untuk kader. Ini bertujuan agar
kader memiliki tashawur dan pemahaman umum tentang isi kandungan kitab-kitab
tertentu yang penting.
No comments:
Post a Comment